Sabtu, 21 Februari 2009

Pencakar Langit Berputar


NEW YORK - Seorang arsitek Amerika, David Fisher, melontarkan gagasan spektakuler: membangun gedung pencakar langit yang bisa berputar pada sumbunya. Dia menamai rancangannya itu menara dinamis.

Perputaran poros gedung itu bisa menggunakan tenaga angin dan sinar matahari. Dia berambisi membangun pencakar langit itu di Moskwa dan Dubai, dengan target selesai pembangunan pada 2010.


Rancangan gedung setinggi 70 lantai itu telah disetujui oleh Pemerintah Kota Moskwa, sedangkan rancangan gedung 80 lantai untuk Dubai masih diproses izinnya. Banyak gedung di seluruh dunia sudah memiliki satu lantai yang bisa berputar, biasanya lantai teratas. Namun, setiap lantai pada menara rancangan Fisher itu bisa berputar.

Fisher sendiri belum pernah membangun gedung pencakar langit. Namun, dia juga ingin membangun menara dinamis seperti itu di New York. Hanya saja, rencana proyek di New York belum dimatangkan.

Elevator Mobil

''Saya menyebut bangunan itu sebagai mesin untuk hidup,'' kata dia dalam konferensi pers di Plaza Hotel, New York, Rabu kemarin.

Perusahaan pengembang real estat Rusia Mirax Group tertarik mewujudkan proyek itu. Sedangkan, pembangunan menara di Dubai didukung oleh Rotating Tower Technology Company milik Fisher.

Selain dilengkapi fasilitas taman dan kolam renang, gedung-gedung itu juga memilli elevator mobil. Sehingga, penghuni bisa dengan mudah memarkir mobilnya tepat di luar apartemen masing-masing.

Untuk berputar, menara didesain bisa mensuplai sendiri kebutuhan listrik dengan teknologi turbin angin dan panel surya. Turbin dan panel itu dipasang di setiap lantai.

Orang yang memiliki seluruh lantai akan lebih leluasa mengatur kecepatan rotasi, antara satu jam hingga tiga jam tiap satu rotasi penuh. Proyek itu dibantu Leslie Robertson sebagai konsultan teknis. Leslie bukan orang baru di bidang pembangunan menara pencakar langit karena dialah insinyur struktur dalam pembangunan menara kembar World Trade Center, New York.

Sumber : Suara Merdeka

0 komentar:

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008