Rabu, 18 Februari 2009

Kolaborasi antara Keunikan Desain dan Lokasi yang Strategis


JIKA Singapura bisa memiliki kawasan pusat belanja terkenal Orchard Road, Jakarta pun semestinya bisa. Itulah pemikiran yang terlintas sejak 10 tahun silam di benak sang maestro di bidang properti, Ciputra. Akhirnya, gagasan ini pun diwujudkan lewat megaproyek Ciputra World Jakarta (CWJ) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

CWJ akan dibangun di atas lahan seluas 10 hektar di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. PT Ciputra Property Tbk menunjuk RTKL, yang dikenal sebagai salah satu biro arsitek terbaik di dunia dalam bidang mixed-use design, sebagai tim arsitek. Selain itu, Ciputra Property juga menunjuk Belt Collins Associate sebagai desainer lansekap untuk superblock ini.


Pembangunan CWJ terbagi dalam tiga tahap yang masing-masing berlokasi di Jl Prof Dr Satrio Lot 3-5, Lot 6, dan Lot 11. Untuk tahap pertama, CWJ akan dibangun di atas lahan seluas 5,5 hektar yang berada di Lot 3-5, yang kemudian akan difungsikan sebagai komplek mixed-use yang terdiri dari pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hotel berbintang enam dan apartemen. Untuk hotel dan apartemen, CWJ berhasil menggandeng operator kelas dunia sebagai pengelola, yakni Raffles dan Somerset.

Secara keseluruhan desain, CWJ menggabungkan konsep fluidity dan kaleidoskop yang diilhami dari lukisan Hendra Gunawan, salah satu pelukis favorit Ciputra. Akan banyak permainan warna dan bentuk dalam desainnya sehingga akan memberikan sebuah motivasi yang tidak semata-mata komersial belaka. Hal tersebut akan direalisasikan dengan pembangunan sebuah art museum seluas 8.000 m2 berbentuk galeri yang terletak di atas pusat perbelanjaan.

Tahap pertama CWJ di Lot 3-5 ini diharapkan dapat selesai pada tahun 2011. Dalam superblock ini terdapat shopping mall dengan luas 140.000 m2, luxurious hotel & residences yang dikelola oleh Raffles setinggi 50 lantai, apartment yang dikelola Somerset berjumlah 306 unit seluas 40.000 m2 dan sebuah office building seluas 50.000 m2. Tahap kedua yang terletak di Lot 6, rencana pembangunannya akan dimulai pada 2009 dan tahap ketiga di Lot 11 akan dimulai sekitar tahun 2010.

Dengan kolaborasi antara lahan properti yang bagus (yang terletak di kawasan CBD), manajemen dari operator hotel dan apartemen internasional, dan juga desain yang unik, CWJ nantinya akan menjadi new icon di kawasan Kuningan dan mampu bersaing dengan beberapa superblock lainnya yang secara kebetulan juga berada di kawasan yang sama.

Sumber : Kompas

0 komentar:

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008